Cara Mudah Desain Rumah

Cara Mudah Desain Rumah, pada postingan kali ini saya ingin menyambung artikel sebelumnya tentang Desain Interior Dengan Sweet Home 3D. Dibawah ini ada beberapa tahapan penggunaan software Sweet Home 3D agar lebih mudah.



Silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

1. Download software Sweet Home 3D disini, instal, dan jalankan aplikasi Sweet Home 3D. Anda akan melihat tiga jendela dalam aplikasi tersebu, jendela sisi kiri berisi komponen penyusun rumah (jendela hingga perabot), sisi kanan-atas berisi area kerja gambar, dan sisi kanan bawah berisi preview 3D rancangan.

2. Ubah satuan ukur aplikasi. Klik [File] > [Preferences…]. Di boks “Preferences”, pilih [Meter] pada menu “Unit”. Jika ingin dapat mengaplikasikan warna dan tekstur pada rumah, klik [Floor color or texture]. Klik [OK].

3. Mulailah membuat rancangan denah rumah. Pastikan Anda telah mengetahui ukuran luas bangunan. Klik tombol [Create Walls]. Buatlah dinding utama rumah dengan mengklik-tarik pointer hingga membentuk garis. Jika sudah selesai, klik-dobel pointer untuk menghentikan proses pembuatan dinding.

4. Tampilan 3D dinding rumah akan langsung muncul di jendela sisi kanan bawah aplikasi. Anda bisa membentuk dinding dalam rumah melalui tombol [Create Room].Cara penggunaannya sama dengan membentuk dinding. Tool ini akan membuat area ruang plus menampilkan ukurannya.

5. Setelah ruangan-ruangan terbentuk, buatlah dinding ruangan dengan [Create Walls] kembali. Setelah terbentuk, modifikasi setiap ruangan dengan mengklik-kanan salah satu ruangan, lalu klik [Modify rooms…] dari menu yang muncul.

6. Beri nama ruangan pada “Name”. Pilih warna atau tekstur untuk lantai dan langit-langit di dua menu di bawah. Untuk mengganti lantai menjadi lantai keramik, centangi [Display Color], klik [Texture] dan tombol di sampingnya, lalu pilih tekstur lantai yang diinginkan. Klik [OK]. Lantai akan terlihat di jendela ruangan 3D.

7. Modifikasi dinding dengan mengklik-kanan salah satu dinding di jendela kanan atas, lalu klik [Modify walls...]. Kelola warna dan tekstur di menu “Left Side” dan “Right Side”. Masing-masing permukaan dinding dapat diatur. Anda juga dapat mengelola ketebalan sampai ketinggian dinding di menu lain. Klik [OK].

8. Buatlah pintu dan jendela. Klik segitiga di opsi [Doors and windows] yang ada di jendela sisi kiri atas. Buat kusen lebih dulu. Klik [Door frame], lalu tarik ke jendela kanan atas. Tempatkan pada posisi yang diinginkan. Jika ingin ukurannya diubah, klik-dobel kusen, lalu atur ukuran di boks yang muncul. Klik [OK].

9. Selanjutnya, masukkan pintu dengan mengklik-tarik [Door] ke arah kusen. Perhatikan arah bukaan pintu. Jika garis lengkung berada di dalam ruangan, berarti bukaan pintu mengarah ke dalam. Anda bisa memasang jendela dengancara yang sama memakai komponen berlabel “Windows”. Pilih jenis jendela yang dikehendaki.

10. Setelah bangunan selesai, Anda bisa merancang tatanan perabot di dalam rumah. Pilih jenis perabotan dari menu jendela kiri atas. Untuk dapur misalnya, cari perabot di “Kitchen”. Klik-tarik perabot yang diinginkan di posisi ruangan dapur. Tata posisi dan arahnya.

11. Tampilan 3D rancangan rumah Anda dapat dirotasi dengan mengklik-tarik gambar di jendela kanan bawah agar Anda dapat melihat seluruh posisi ruangan. Anda bisa mengunjungi setiap ruangan dengan mengklik [3D view] > [Virtual visit].

12. Simpan rancangan Anda untuk dikonsultasikan ke arsitek atau kontraktor. Klik [File] > [Save]. Beri nama dan simpan. Ingat, file ini hanya dapat disimpan dalam format bawaannya. Jika ingin dikirim ke pihak lain, simpanlah dalam format PDF dengan mengklik [File] > [Print to PDF].

Sudah cukup sekian dulu langkah diatas selanjutnya anda dapat mencobanya sendiri secara mendalam, semoga bermanfaat tentang Cara Mudah Desain Rumah

Tutorial videonya ada dibawah ini:

16 comments:

jadi makin mudah ngebangun rumah ni :D

Silahkan gan bisa dicoba... , thank's dah mampir

gan kalo mau bikin teras dan tama depan bisa ga ya?sama bikin rumah tingkat, coz ane ada tanah lebar 10m panjang 15m..maksih gan

Makasieh'y Ya mas

Informasi'y


video'y bagus

makasih banyak info nya, bisa membantu nih , karena lagi membangun rumah untuk keluarga :D

keren bos .... desain nya

Wow, lebih cepet dibanding Google SketchUp. Perlu dicoba nih

Kok saya download bisa,, tapi pas jalanin ga bisa kebuka aplikasinya, mohon pencerahan..

kok saya udah download aplikasinya namun ketika djalankan tidak bisa terbuka aplikasnya.. mohon pencerahan..

@Pay: setelah install aplikasi ini di butuh kan komputer yang telah terinsatal program java web start , ini di dapat pada link sweethome3d.com nya gan

MAKASI BANGET SOB BUAT TUTORIALNYA.. VISIT MY BLOG..

bisa di konvert ke 3Ds max gak ya ?
biar bisa terbaca di 3Ds

Makasih ya atas informasi nya....
di tunggu informasi lain nya ya.tks

thans brooo

makasi bnyk bro,sma sampean di mudahkan sgla urusannya amin,,

thanks buat tipsnya cita cita jadi arsitek semoga bisa terwujud dengan bantuannya

Poskan Komentar