Mengembalikan Boot Loader Linux



Untuk membuat Dual booting OS di komputer bukan suatu yang sulit dilakukan di Linux karena Tool untuk ini sudah lama ada di linux. Kalau dulu ada LILO sekarang mungkin yang paling sering kita temukan dalam distro linux terkini adalah Grub boot loader.

Bagi yang sudah menginstall OS Ms Windows di PC nya kemudian baru menginstall Linux hal ini akan mudah sekali kita lakukan karena linux sudah mendukung hal ini, akan tetapi bagaimana jika di PC kita sudah ada Linux baru kita akan menginstall Windows atau mungkin di PC kita sudah Dual OS tetapi karena sesuatu hal kita harus menginstall ulang OS windows yang ada. Karena pada saat proses installasi windows akan memformat mbr (Master Boot Loader) sehingga hal ini menyebabkan hilangnya boot loader yang di install oleh linux.

Inilah yang akan kita bahas bagaimana cara untuk mengembalikan Boot Loader yang hilang ini agar kita bisa menggunakan kembali OS linux kita. Kebetulan disini menggunakan linux Fedora 12.

Sebelum kita melakukannya silahkan siapkan CD/DVD Installer Fedora 12 kemudian booting melalui DVD/CD. Setelah muncul pilihan Menu Installasi yang diinginkan Silahkan pilih “Rescue Install”




Tunggu sampai proses loading selesai dan akan masuk pada pilihan mode yang akan digunakan untuk menjalankan machine/PC silahkan pilih shell bash seperti pada tampilan berikut :



Setelah itu akan muncul prompt shell bash

ketikkan perintah berikut :

chroot /mnt/sysimage/

Selanjutnya ketikkan:

grub-install /dev/sda (untuk yang menggunakan hardisk SATA)

atau

grub-install /dev/hda (untuk yang menggunakan hardisk PATA/IDE)

Jika tidak ada error silahkan restart PC dan boot loader anda sudah akan kembali lagi.


Semoga bermanfaat...

0 comments:
Posting Komentar