Konsep Belajar Cepat dan Menyenangkan A'la MASTER

Konsep Belajar Cepat dan Menyenangkan - Sebagian besar dari kita pernah merasa jenuh ketika belajar. Baik itu secara akademik atau di lingkungan umum. Selanjutnya bagaimanakah cara belajar yang tidak membosankan?? dan belajar tapi menyenangkan??




A'la MASTER disini dengan maksud hanya sebuah istilah singkatan saja MASTER:

Motivating your mind,  
Acquiring the information,  
Searching out the meaning,  
Triggering the memory, 
Exhibiting what you know, dan  
Reflecting what you've learned.

Motivating Your Mind (Memotivasi Pikiran)

Langkah pertama dalam belajar cepat adalah motivasi. Ini penting sekali. Berapa banyak orang yang berusaha untuk belajar tanpa motivasi?? Mereka menganggap belajar sebagai suatu bentuk "penderitaan". Dengan sikap seperti ini bisa dibilang secara bawah sadar otak akan menolak informasi yang masuk karena dianggap negatif!

Jelas saja kita jadi sangat sulit belajar. Bandingkan dengan orang yang termotivasi, yang menganggap belajar itu seru dan mengasyikkan. Secara bawah sadar otak akan dengan senang hati mempersilakan informasi untuk masuk.

Tips: Perbaiki niat dan tujuan dalam belajar, dan paksakan diri untuk kebaikan.

Acquiring the Information (Memperoleh Informasi)

Ada tiga gaya belajar utama, yaitu visual (melalui penglihatan), auditori (melalui pendengaran), dan kinestetik (melalui tindakan). Kita akan lebih cepat menangkap informasi dengan gaya belajar kita. Ini diterapkan masing-masing orang ini berbeda setiap orang . Oleh karenanya kita perlu mengenali gaya belajar yang cocok untuk kita lalu mempraktekkannya. Hasilnya kita akan lebih cepat menangkap informasi.

Tips: Mengenali dan Mendalami bagaimana gaya tipe belajar kita?? agar lebih mudah untuk memahami informasi.

Searching Out the Meaning (Menyelidiki Makna)

Sekedar membiarkan informasi masuk sama sekali tidak cukup. Kita harus berusaha untuk mendapatkan makna dari informasi itu. Ini sama seperti mencerna informasi yang masuk sampai memahami hakikatnya. Jadi bukan hanya menghafalkan fakta, tapi harus maju sampai memahami konteksnya dan penerapannya untuk hal-hal lain. Berapa banyak orang yang hanya berusaha menghafal fakta tanpa memahami maknanya ?

Tips: Pada hal tertentu yang dibutuhkan tidak hanya menghafal tapi juga memahami maknanya.

Triggering the Memory (Memicu Memori)

Memahami makna merupakan hal yang sangat penting, tapi kita juga harus mampu mengingat fakta. Banyak orang yang punya daya ingat luar biasa. Seperti salah satu orang Jepang yang bisa menghafal angka phi sampai ribuan angka di belakang koma !! ( biasanya kita hanya hafal dua angka yaitu "14″ dari "3.14″). Ada banyak metode yang dapat memudahkan kita mengingat sebuah fakta. Singkatan seperti "MASTER" merupakan salah satunya. Akan jauh lebih mudah untuk mengingat enam langkah Accelerated Learning kalau kita memakai singkatan "MASTER".

Tips: Mengasah kemampuan otak dengan hal-hal sederhana. Bisa dengan mengisi TTS, atau sekedar menghapal nomor kontak teman.

Exhibiting What You Know (Memamerkan Apa yang Agan Ketahui)

Memamerkan di sini bukan berarti untuk sombong atau sok tau. Yang dimaksud adalah kita harus berusaha membagikan ilmu kita ke orang lain. Saat membagikan ilmu ke orang lain kita justru akan mendapatkan lebih banyak lagi! Misalnya seorang guru kadang lebih cepat paham dan menguasai materi pelajarannya tentang materi pelajarannya setelah dia mengajarkannya pada murid-muridnya.

Tips: Pernahkah mencoba?? Ajarkan ilmu yg didapat, niscaya kita akan terus dapat mengingat ilmu yang kita berikan tersebut.

Reflecting What You've Learned (Merefleksikan Bagaimana Agan Belajar)

Sampai langkah terakhir ini pada konsep MASTER. Kita seharusnya dapat mengevaluasi cara belajar kita. Mengapa? Karena setiap orang punya cara belajar yang unik yang berbeda dengan orang lain. Kita mesti mengembangkan gaya belajar pribadi yang paling cocok dengan kita. Dan ini tentu tidak bisa dicapai dalam waktu semalam. Kita harus mencoba, mengevaluasi, memperbaiki apa yang kurang, lalu mencoba lagi, dan seterusnya. atau arti dalam bahasa inggrisnya "try and error"

Tips: Dengan terus mengevaluasi perlahan-lahan gaya belajar kita akan semakin tajam dan cocok untuk sebuah tindakan yang benar agar lebih maju dan sukses.

Berikut beberapa Tips Sukses yang disadur dari beberapa sumber, semoga dengan artikel "Konsep Belajar Cepat dan Menyenangkan A'la MASTER" kita mendapatkan pelajaran yg berguna untuk saya dan anda bersama, Silahkan kotak komentar jika ingin menambahkan..

12 comments:

kunjungan balik dari blogonol. mantab bro ini yang saya tunggu, kadang kita juga harus dongkrak masalah belajar kita yang sering lemot. makasih atas infonya bro...sangat berguna sekali. keep spirits and do the best

wah postingannya keren

tambahin ya gan satu dari saya yang terahir yaitu kembali ke kesadarannya
heheheh

good post nya mas..
n thanks info n share nya ..

konsep belajar yang sangat bagus gan..
thanks yah.....

muantab gan. kunjungan balik ketempat ane........!!!

makasi bnyak gan info nya di tunggu update berikutnya
izin nitip link yaa!!!!!

bener banget gan tips nya....

thanks ilmunya
bermanfaat banget ya
salam kemal gan

INFONYA OKE BANGET SOB..THANKS

artikel tingkat dewa neh...butuh kopi, sofa dan ketenangan untuk baca artikelnya
pengen liat Air Rerjun terbaik dan terindah di sul-sel???
liat disini:
http://dualima.com/bantimurung-objek-wisata-terbaik-di-sulawesi-selatan.html

buat pemula bagus bgt gan biar semangat terusss

Posting Komentar